Cara Mudah Menambahkan Aplikasi Linux Ke Windows

Cara Mudah Menambahkan Aplikasi Linux Ke Windows

Dioptimalkan untuk Linux, subsistem Windows adalah kunci untuk mencampur dan mencocokkan aplikasi Linux dan Windows.

TEKONOMUDA.COM – Mari kita hadapi itu: Tidak semua orang ingin berurusan dengan Linux. Tetapi di dalam Windows, bermain dengan Linux menjadi semakin mudah – cukup sehingga Kamu dapat memulai dan menjalankan dengan lebih dari satu perintah. Dalam hitungan detik, Kamu dapat mengunduh, menjalankan, dan bahkan menginstal aplikasi Linux yang kuat di desktop Windows.

Alih-alih menginstal Linux di dalam partisi atau mesin virtual, Windows menggunakan subsistem Windows untuk Linux, yang ditambahkan pada tahun 2016 sebagai bagian dari Pembaruan Ulang Tahun Windows 10. Kamu akan mendengar lebih banyak tentang ini di konferensi Microsoft Build minggu ini, karena Microsoft mendorong pengembang untuk menjalankan Windows bersama WSL untuk pengembangan dan bahkan penggunaan umum. Ini tidak persis sama dengan menjalankan Linux di mesin virtual, tetapi semakin dekat dan dekat.

Ketika subsistem Windows untuk Linux memulai debutnya di Windows 10 pada tahun 2016, ia memiliki kemampuan berbasis teks yang agak terbatas. Tetapi dalam peningkatan Mei 2020 ke WSL2, Microsoft membuka pintu untuk aplikasi GUI yang lebih ramah visual dan bahkan kemampuan untuk melakukan perhitungan GUI. Pada dasarnya, Linux di dalam Windows tidak lagi terbatas pada skrip.

Artinya, jika Kamu memiliki aplikasi GUI Linux favorit yang ditulis dengan tepat untuk Linux, kemungkinan besar Kamu dapat menjalankannya sebagai bagian dari Windows – yaitu, meluncurkan aplikasi dari menu Mulai, menyematkannya ke bilah tugas, dll. Ini memungkinkan Kamu untuk menggunakan lebih banyak aplikasi daripada yang dapat ditawarkan oleh satu sistem operasi, karena Kamu dapat menggunakan aplikasi terenkripsi untuk Linux atau Windows. Minggu ini, Microsoft tampaknya mengindikasikan bahwa fitur-fitur ini akan dirilis di Windows 10 21H1, pembaruan fitur Windows terbaru yang baru saja dimulai. Tetapi perusahaan mengklarifikasi pada hari Selasa bahwa fitur tersebut tidak dirilis secara publik pada 21H1 dan akan memiliki lebih banyak informasi tentang ketersediaan umum di lain waktu.

See also  IPOT - Fitur Indopremier (IPOT) Aplikasi Trading Saham

Sayangnya, itu berarti Kamu harus menjadi bagian dari Program Insider Windows 10, dan menjalankan Pratinjau Build 21364 atau yang lebih baru. (Subsistem konfigurasi Windows komputer Kamu untuk Linux sebelumnya memerlukan driver GPU khusus juga: driver GPU Intel, driver GPU AMD, atau driver GPU Nvidia. Kami tidak dapat memastikan apakah driver ini dilengkapi dengan Arsitektur Insider Windows, Jadi kami menyertakannya untuk referensi.)

Cara mengatur subsistem Windows untuk Linux dalam satu perintah

Tentang satu-satunya aplikasi yang perlu Kamu jalankan untuk menyelesaikan tugas ini adalah Windows PowerShell, yang dapat Kamu luncurkan melalui menu Start atau hanya dengan mengetik PowerShell di kotak pencarian Windows. Pastikan untuk mengklik opsi “Jalankan sebagai administrator” yang muncul di sebelah kanan.

Jika Kamu belum mengatur WSL sebelumnya, semudah mengetik wsl – install -d Ubuntu di jendela PowerShell yang dihasilkan. Ini akan mengunduh file yang diperlukan serta menginstal distribusi Linux Ubuntu yang populer. Kamu juga perlu memulai ulang perangkat Kamu. Karena Ubuntu berjalan sebagai sistem operasi, Kamu harus memilih nama pengguna dan kata sandi khusus untuk Ubuntu. Ini adalah!

Ada juga trik kecil yang mengganggu yang harus Kamu lakukan setiap kali Kamu membuka PowerShell. Secara default, PowerShell terbuka di DOS. Ketik wsl untuk mulai berinteraksi dengan subsistem Windows untuk Linux. Untuk keluar dari WSL, ketik exit saat diminta.

See also  Rekomendasi 7 Aplikasi Penghasil Uang Terbaik Dari Handphone Kamu

Cara Mudah Menjalankan Aplikasi Linux di Windows

Jadi apa yang dapat Kamu lakukan dengan WSL? Hal pertama yang pertama: Meskipun Kamu masih tidak dapat menjalankan lingkungan grafis Linux di dalam WSL, Kamu dapat menjalankan aplikasi Linux GUI – yang mungkin Kamu anggap sebagai aplikasi “tradisional” yang berinteraksi dengan mouse Kamu. Satu-satunya faktor di sini adalah bahwa WSL tidak mendukung GUI asli, artinya Kamu hanya perlu mengunduh dan menjalankannya melalui baris perintah PowerShell. Ini masih sangat sederhana.

Sebelum Kamu melakukan apa pun, selalu ada baiknya untuk memastikan semuanya mutakhir dengan memasukkan perintah berikut: sudo apt update dan menunggu prosesnya selesai. Lakukan hal yang sama dengan sudo apt Upgrade juga. Kemudian Kamu dapat mulai mengunduh aplikasi tertentu dan mencobanya.

Di sinilah Kamu bisa mulai menjelajah. Halaman saran WSL Microsoft sendiri menyarankan cara untuk mengunduh aplikasi yang sebenarnya dapat Kamu miliki di Windows, seperti Chrome, Edge, dan Microsoft Teams. Kami menyarankan Kamu tetap menggunakan versi Windows dan menghindari proses instalasi yang rumit.

Atau, kami sarankan untuk mengunduh dan mencoba tiga aplikasi GUI Linux untuk Kamu mulai. Pantau terus jika PowerShell melaporkan beberapa kesalahan; Saya tidak melihat adanya celah fungsionalitas yang jelas sebagai hasilnya.

GIMP adalah versi open source dari Adobe Photoshop, dan aplikasinya memiliki reputasi sebagai yang kuat dan canggih pada saat yang bersamaan. Namun, ini gratis dan – seperti Linux – menghargai eksplorasi, penemuan, dan kesabaran. Untuk mengunduhnya di dalam WSL, ketik sudo apt install gimp -y saat diminta. Untuk meluncurkan aplikasi, ketik gimp saat diminta.

Audacity adalah editor audio open source, dan favorit lain dari komunitas open source. Ini secara tradisional merupakan pilihan yang sangat baik untuk mengedit audio, meskipun dukungan audio WSL belum didukung, ketika Microsoft menambahkannya bersama dengan dukungan aplikasi GUI. Kamu dapat menginstalnya dengan mengetikkan sudo apt-get install audacity di prompt PowerShell. Untuk menjalankan aplikasi, ketik audacity ke dalam prompt.

See also  Rekomendasi Software Video Editor Terbaik

VLC adalah aplikasi pemutaran video sumber terbuka yang dapat menangani hampir semua format apa pun. VLC juga memiliki versi Windows, jadi pilihan Kamu untuk mengunduh VLC di dalam Linux mungkin berdasarkan preferensi atau membandingkan kedua versi.

Windows tampaknya hanya memungkinkan Kamu menjalankan satu aplikasi GUI Linux pada satu waktu, jadi Kamu harus keluar atau menutup aplikasi GUI sebelum menjalankan aplikasi lain. Ingin lebih banyak saran tentang aplikasi GUI yang berjalan di Linux? Berikut adalah pilihan aplikasi Linux yang bagus – meskipun banyak di antaranya adalah aplikasi Windows versi Linux, atau metode untuk menjalankan fungsi atau layanan Windows di dalam Linux. (Mengetahui nama aplikasi sering kali menjadi kunci untuk mengunduhnya, bahkan jika Kamu tidak memiliki tautan tradisional: GNOME-chess dapat diunduh dan diinstal melalui sudo apt-get install gnome-chess, misalnya.)

Aplikasi Linux muncul di bilah tugas seperti aplikasi Windows lainnya, dan dari sana Kamu dapat memperlakukannya seperti aplikasi lain: sematkan ke bilah tugas atau menu Mulai, buat pintasan untuk mereka, dll. Kami tidak mengatakan Kamu akan langsung jatuh cinta dengan ekosistem aplikasi Linux, tetapi gratis, tersedia, dan sering diperbarui. Kami sangat menyarankan Kamu meluangkan waktu lima menit dan memeriksanya.

Klarifikasi: Microsoft mengatakan Selasa itu tidak akan merilis aplikasi Linux GUI sebagai bagian dari rilis Windows 10 21H1. Untuk saat ini, Kamu harus menjadi bagian dari Program Insider Windows 10 sebagai gantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.